INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sadio Mane, Penyerang Bayern Munchen Sandang Titel Pemain Terbaik Afrika 2022

Sadio Mane, Penyerang Bayern Munchen Sandang Titel Pemain Terbaik Afrika 2022

Penyerang Bayern Munchen Sadio Mane. Foto: Istimewa/ Reuters

WARTAPOLITIKA.COM - Sadio Mane tengah sumringah. Kariernya tahun ini melesat dan kemampuan sepakbolanya kian diakui. Mane bahkan sudah berkeliling bermain untuk klub-klub sepakbola besar di Eropa. Terakhir, Mane dikontrak sebagai penyerang anyar di Bayern Munchen.

Kemampuan sepakbola pemain tim nasional Senegal ini juga diakui sebagai yang terbaik di Benua Afrika. Ya, ia baru saja menghadiri seremoni Federasi Sepak Bola Afrika di Ibukota Maroko Rabat dan dianugerahkan trofi sebagai Pemain Afrika Terbaik 2022 Kamis (21/7/2022) waktu setempat.

Mane yang berusia 30 tahun itu, mengungguli mantan rekan setimnya di Liverpool, Mohamed Salah, dan rekan setimnya di Timnas Senegal, Edouard Mendy.  Ini menjadi gelar pemain terbaik Afrika kedua yang berhasil diraih eks penyerang Liverpool tersebut. 

Mane menjadi peraih gelar pemain terbaik Afrika pada 2019 silam atau pada edisi terakhir penanugerahan pemain terbaik Afrika. CAF terpaksa meniadakan gelaran penghargaan pemain terbaik Afrika dalam dua tahun terakhir lantaran pandemi COVID-19. 

''Saya benar-benar bahagia bisa meraih penghargaan ini pada tahun ini. Saya berterima kasih kepada semua masyarakat Senegal, dan mendedikasikan trofi ini untuk para pemain muda di Senegal,'' ujar Mane seusai menerima trofi tersebut, mengutip BBC Sports International, Sabtu (23/7/2022). 

Sebelum hijrah ke Bayern Munchen pada bulan ini, Mane sukses mempersembahkan dua titel domestik buat Liverpool, yaitu Piala FA dan Piala Liga Inggris. Kepiawaian Mane di lapangan hijau juga sempat mengantarkan The Reds tampil di partai puncak Liga Champions musim lalu. 

Total, Mane mencetak 33 gol dan lima assist selama periode penilaian untuk penghargaan ini, termasuk 16 gol di pentas Liga Primer Inggris, dua gol di Piaa FA, dan lima gol di Liga Champions. 

Namun, prestasi terbaik Mane pada tahun ini terletak pada keberhasilan membawa Senegal untuk pertama kalinya dalam sejarah meraih titel Piala Afrika 2021, awal tahun ini. 

Mane sukses mengeksekusi tendangan penalti terakhir Senegal di partai final Piala Afrika, kontra Mesir. "Lions of Teranga" pun sukses membungkam "The Pharaohs" dengan skor, 4-2, via babak adu penalti. 

Di sepanjang turnamen tersebut, Mane mencetak tiga gol dan dua assist. Titel Piala Afrika 2021 dilengkapi Mane dengan penghargaan pemain terbaik turnamen. 

Sukses merengkuh penghargaan Piala Afrika dalam dua tahun secara beruntun, Mane menjadi pemain kelima di sepanjang sejarah yang mampu menorehkan prestasi tersebut.  Eks penyerang RB Salzburg itu bersanding dengan sejumlah nama besar pesepakbola asal Afrika, seperti El Hadji Diouf, Samuel Eto’o, Yaya Toure, dan Salah. (Timred/WTP)

#pemainsepakbolaterbaikdiafrika2022
#trofipemainafrikaterbaik2022
#sadiomane
#penyerangbayernmunchen
#pemaintimnassenegal
#sepakbola
#federasisepakbolaafrika
Anda sekarang membaca artikel Sadio Mane, Penyerang Bayern Munchen Sandang Titel Pemain Terbaik Afrika 2022 dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/07/sadio-mane-penyerang-bayern-munchen.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here