INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bangun PLTSa Bersama ADB, Pemkot Tangsel Diminta Cari Lahan di Luar TPA Cipeucang

Bangun PLTSa Bersama ADB, Pemkot Tangsel Diminta Cari Lahan di Luar TPA Cipeucang

Sejumlah beko milik DLH Kota Tangerang Selatan meratakan sampah di TPA Cipeucang. Foto: net

WartaPolitika.Com-Niat Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di TPA Cipeucang yang berlokasi di Kecamatan Setu, terancam batal. 

Pasalnya, berdasarkan kajian Asian Development Bank (ADB) lokasi TPA Cipeucang tidak direkomendasikan untuk dibangun PLTSa sesuai rencana awal lantaran terbatasnya lahan yang ada. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Wahyunoto Lukman mengatakan untuk membangun PLTSa di TPA Cipeucang banyak persyaratan yang harus dipenuhi sesuai dengan permintaan dari para investor. 

Persyaratan itu meliputi diantaranya aspek sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar. ”Salah satunya jaminan sosial dan dampak ekonomi karena Cipeucang di sekitarnya padat penduduk,” terangnya. 

Wahyunoto juga memaparkan selain itu biaya yang tambah membesar karena lahan yang memang butuh biaya cut and fill. ”Intinya direkomendasikan untuk cari lahan di luar TPA Cipeucang," ujarnya, Kamis (21/7/2022). 

Untuk diketahui, ADB telah melakukan berbagai asesmen terkait pengoptimalan ketersediaan lahan di TPA Cipeucang sejak 2020 lalu. Diantara hasil asesmen menunjukkan lahan yang diusulkan memiliki risiko lingkungan dan sosial yang sangat tinggi.

Selain itu, residu TPA Cipeucang yang tidak mencukupi, dan kemiringan lahan yang curam. Karena itu, ujar Wahyu juga, diskusi dengan ADB memunculkan adanya sejumlah opsi alternatif.

Yakni,  dengan menjajaki pilihan lokasi rencana pembangunan PLTSa di luar TPA Cipeucang. ”Jadi ada pilihan tiga alternatif untuk pembangunan PLTSa dengan ADB,” katanya juga. 

Yakni mencari lahan di dalam Kota Tangsel, kerjasama daerah (model Jakarta-Bekasi di Bantargebang), atau kerjasama regional dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Namun, Wahyunoto belum menyebut akan memilih alternatif yang mana terkait rencana pembangunan PLTSa sampah tersebut. Tapi dia memastikan bahwa pihaknya siap untuk terus bekerjasama dengan para investor dalam pengolahan sampah di Tangsel. 

”Kita banyak menerima dan siap kerjasama dengan investor selaku pihak ketiga yg siap membangun teknologi pengelolaan limbah warga Kota Tangsel menjadi sumber energi alternatif," tandasnya. (Timred WPT)


#kotatangsel
#sampah
#pltsa
#tpacipeucang
#kecamatansetu
#adb
#kepaladinaslingkunganhidup 
#wahyunotolukman
Anda sekarang membaca artikel Bangun PLTSa Bersama ADB, Pemkot Tangsel Diminta Cari Lahan di Luar TPA Cipeucang dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/07/bangun-pltsa-bersama-adb-pemkot-tangsel.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here