INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Analogikan Pilot yang Suka Janji-janji, Jokowi Singgung Capres Siapa?

Analogikan Pilot yang Suka Janji-janji, Jokowi Singgung Capres Siapa?


Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam  acara puncak HUT ke-58 Golkar di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat, (21/10/2022) malam. Dalam pidatonya tersebut, Jokowi menyinggung soal Pemilu 2024 mendatang.

Berdasarkan tayangan dari Kanal Youtube tvOneNews, Presiden ketujuh tersebut menyampaikan banyak harapan kepada Partai Golkar. Khususnya dalam mendeklarasikan Calon Presiden (Capres) dan Calon wakil Presiden (Cawapres) 2024 nanti.

Menurut Jokowi, Golkar merupakan partai yang sudah matang serta punya pengalaman malang melintang di perpolitikan Indonesia.

"Pengalaman yang sangat panjang banyak makan asam garam perpolitikan Indonesia," kata Jokowi dikutip pada Sabtu, (22/10/2022).

"Oleh sebab itu, saya yakin," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Jokowi berkali-kali mengatakan 'saya yakin' dengan gaya khasnya yang sederhana sampai bikin Airlangga Hartarto tak tenang duduk di kursinya.

Ketum Golkar yang berada di barisan depan bersama Mantan Presiden Jusuf Kalla bak cacing kepanasan. Suhu tubuhnya seketika berubah jadi panas dingin.

Airlangga tampak tak sabar menunggu kelanjutan pidato yang disampaikan Jokowi. Terdengar pula gelak tawa dari sejumlah kader Partai Golkar beserta tamu undangan yang hadir.

"Saya yakin, Golkar akan dengan cermat, akan dengan teliti, akan dengan hati-hati tidak sembrono dalam mendeklarasikan calon di 2024," ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi juga meyakini bahwa sosok yang akan diusung oleh Golkar adalah figur yang benar. 

"Silahkan terjemahkan sendiri," katanya.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan menjadi seorang presiden itu tidak mudah. Ia menyamakan bahwa presiden seperti pilot pesawat yang punya banyak penumpang.

"Penumpangnya banyak sekali seluruh rakyat Indonesia," tuturnya.

Jokowi lalu memberikan analogi seperti memilih pilot. Pilpres itu memilih pilot dan co-pilot. Pilot yang pertama ngomong agar bisa terpilih.

"Saya akan patuhi hukum dan akan terbang di ketinggian 30 ribu kaki," cerita Jokowi.

"Pilot kedua mengatakan semua calon penumpang akan saya dudukkan di kelas bisnis, saya berikan diskon," lanjutnya.

"Bapak ibu tertarik yang mana?" tanya Jokowi kepada hadirin. 

Jokowi yakin kalau sekarang pasti tertarik di pilot kedua. Ia juga mengingatkan orang-orang untuk berhati-hati memilih karena pasti emosional dan masih kurang informasi. Serta tawarannya tidak masuk akal.

"Menarik sekali tapi tidak masuk akal. Kesimpulannya, jangan sembarangan menentukan calon dan co-pilot yang akan dipilih oleh rakyat," kata Jokowi.

"Juga jangan sembarangan memilih calon presiden dan wakil presiden. Tapi juga saya titip pesan, jangan terlalu lama," lanjut Jokowi yang disambut dengan tawa dan tepuk tangan.

Sumber: suara
Foto: Jokowi dan Airlangga Hartarto (Youtube/ tvOneNews).
Anda sekarang membaca artikel Analogikan Pilot yang Suka Janji-janji, Jokowi Singgung Capres Siapa? dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/10/analogikan-pilot-yang-suka-janji-janji.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here