INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Usai Emergency Landing, Pilot Pesawat Citilink Meninggal Mendadak

Usai Emergency Landing, Pilot Pesawat Citilink Meninggal Mendadak

Capt Boy Awalia (48) pilot pesawat Citilink yang meninggal usai mendarat di Bandara Juanda. (Foto : Instagram/@Boyawalia)

WartaPolitika.Com-Tragedi terjadi di Pesawat Citilink QG307 rute penerbangan Surabaya-Makasar. Pasalnya, Kapten Boy Awaliah Aznil, pilot yang menerbangkan pesawat itu meninggal mendadak usai mendaratkan pesawat.

Itu terjadi setelah Kapten Boy Awalia Aznil yang berusia 48 tahun itu berhasil melakukan pendaratan darurat (emergency landing) di Bandara Juanda, Sidoarjo, Kamis (21/7/2022) pagi.

Peristiwa itu dibenarkan oleh Humas PT Angkasa Pura (AP) I yang mengelola Bandara Juanda. Yuristho Ardi Hanggono, Humas PT AP I  siang menjelaskan awal mula tragedy yang menimpa pilot pesawat Citilink QG307 tersebut. 

Awalnya, Citilink QG307 pesawat melakukan take off pada Kamis (21/7/2022) pukul 06.10 WIB dari Bandara Juanda dengan tujuan Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Namun selang 12 menit kemudian, yakni pukul 06.22 WIB, pesawat tersebut meminta izin (request) kepada menara tower di Bandara Juanda untuk melakukan emergency landing.

”Ada Request karena pilot pesawat atas nama Kapten Boy Awaliyah mengalami incapacity (sakit di atas pesawat),” terang Yuristho.

Setelahnya pesawat landing pukul 06.56 WIB di Bandara Juanda lagi, maka para petugas seperti Airport Rescue Fire Fighting sudah standby langsung melakukan upaya penanganan. 

”Akhirnya setelah selesai semua prosedur pendaratan, pilot atas nama Kapten Boy Awaliyah dievakuasi oleh tim PKP-PK (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran) untuk dibawa ke rumah sakit terdekat,” katannya juga.

Namun, lanjut Yuristho, berdasarkan konfirmasi dari pihak Citilink, Kapten Boy Awaliyah dikabarkan telah meninggal dunia setelah dievakuasi ke rumah sakit. 

”Informasi terakhir yang kami terima dari keterangan resmi pihak Citilink pilot meninggal dunia, dan kami menyampaikan duka yang mendalam atas berpulangnya Kapten Boy,” paparnya juga. 

Sementara itu, setelah proses emergency landing, para penumpang pesawat Citilink QG307 rute penerbangan Surabaya-Makasar langsung diarahkan ke ruang tunggu, untuk selanjutnya menunggu pesawat pengganti.

Akhirnya para penumpang diberangkatkan pukul 10.58 WIB menuju ke tujuan, lengkap dengan kru yang semuannya sudah diganti.

Peristiwa emergency landing pesawat Citilink tersebut, meski sempat adanya evakuasi pilot yang sakit tapi tidak sampai menyebabkan gangguan pada seluruh penerbangan lain di Bandara Juanda. (Timred WPT)


#citilink
#emergencylanding
#pilotmeninggal
#sakit
#bandarajuanda
#surabaya
#ptangkasapuraI
Anda sekarang membaca artikel Usai Emergency Landing, Pilot Pesawat Citilink Meninggal Mendadak dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/07/usai-emergency-landing-pilot-pesawat.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here