INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pinjaman Online Disukai Kaum Muda, Sekjen AFPI: Mayoritas Peminjam Berusia 19-34 Tahun

Pinjaman Online Disukai Kaum Muda, Sekjen AFPI: Mayoritas Peminjam Berusia 19-34 Tahun

Ilustrasi pinjaman online. Foto: net

WARTAPOLITIKA.COM-Pinjaman online (pinjol) ternyata diminati kaum muda. Pasalnya, peminjam terbanyak pinjol adalah kaum muda. Itu diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Sunu Widyatmoko.

Ia  menyebutkan kaum muda menjadi mayoritas peminjam di fintech peer to peer (P2P) lending atau aplikasi pinjaman online (pinjol), yakni sekitar 60 persen. 

"Kalau dilihat dari segmentasi umur, memang sebagian besar peminjam di P2P lending adalah kaum muda dengan umur 19-34 tahun," ujar Sunu dalam diskusi media secara daring di Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Lalu, peminjam terbanyak lainnya yakni umur 35-54 tahun yakni sekitar 30 persen, di atas 54 tahun sekitar 5 persen, serta di bawah umur 19 tahun sekitar 5 persen pula. 

Sunu juga mengatakan, peminjam pinjol dari kaum laki-laki tercatat sedikit lebih banyak yakni 51 persen, dibanding perempuan sebesar 49 persen. Sedangkan dari wilayah, porsi peminjam pinjol masih cukup besar berasal dari Pulau Jawa yaitu 82 persen, sedangkan luar Pulau Jawa 18 persen. 

Sunu juga mengatakan rata-rata pendanaan untuk UMKM (sektor produktif) dari P2P lending dalam satu tahun terakhir adalah sebesar 55 persen dari total pendanaan. 

Dengan demikian, data tersebut menepis konotasi pinjaman online yang cenderung digunakan untuk kegiatan konsumtif saja.

Dirinya pun membeberkan pendanaan dari fintech lending untuk UMKM selama setahun terakhir ini angkanya cukup stabil dan memiliki kecenderungan untuk bertumbuh dari bulan ke bulannya. 

Adapun selama 12 bulan terakhir atau periode Mei 2021-Mei 2022 pinjaman online kepada UMKM tercatat paling besar diberikan pada bulan Februari 2022, yakni Rp11,3 triliun atau merupakan 68,54 persen dari total pinjaman P2P lending. (Timred/WTP)


#pinjamanonline
#pinjol
#fintechpeertopeer
#p2plending
#sekjenafpi 
#sunuwidyatmoko
Anda sekarang membaca artikel Pinjaman Online Disukai Kaum Muda, Sekjen AFPI: Mayoritas Peminjam Berusia 19-34 Tahun dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/07/pinjaman-online-disukai-kaum-muda.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here