INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Perhatian! Ini Tanda-Tanda Anda Mengidap Diabetes

Perhatian! Ini Tanda-Tanda Anda Mengidap Diabetes

Ilustrasi pengecekan gula darah untuk mengetahui diabetes. Foto: net

WARTAPOLITIKA.COM-Penderita diabetes semakin banyak dialami masyarakat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), lebih dari 122 juta orang Amerika Serikat (AS) hidup dengan diabetes. 

Banyak orang tidak menyadari sejak awal bahwa mereka memiliki kadar glukosa darah tinggi sampai didiagnosis menderita diabetes tipe 2. Hal ini karena orang kerap mengabaikan tanda atau peringatan yang dirasakan.

”Sering kali pada titik ini, mereka sudah mengidapnya selama beberapa waktu," terang ahli endokrinologi Athena Philis-Tsimikas MD.  

Karena itulah, penting segera menyadari faktor risiko dan tanda-tanda awal diabetes tipe 2 untuk membantu mencegah atau menunda perkembangan kondisi kronis yang mempengaruhi jutaan orang tersebut. 

Berikut lima tanda peringatan diabetes, menurut para ahli, seperti dikutip dari laman Eat This Not That, Sabtu (23/7/2022):

1. Infeksi dan penyembuhan luka yang lambat
Infeksi konstan dan penyembuhan luka yang lambat bisa menjadi tanda diabetes tipe 2. Efek diabetes tipe 2 membuat tubuh lebih sulit melawan infeksi sehingga seseorang mungkin sering mengalami infeksi.

2. Penglihatan buram
Penglihatan kabur terutama setelah makan, bisa menjadi gejala diabetes. Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan cairan masuk dan keluar dari bagian mata Anda, sering menyebabkan pembengkakan lensa mata. 

Penglihatan kabur adalah akibat dari hiperglikemia, penglihatan jernih biasanya akan kembali ketika kadar gula darah turun dalam kisaran normal. 

3. Kelaparan ekstrem
Apakah Anda pernah merasa lapar, padahal merasa sudah banyak makan? Lapar terus-menerus bisa menjadi tanda diabetes tipe 2. Kondisi itu disebabkan karena otot tidak mendapatkan energi yang dibutuhkan dari makanan. Lalu resistensi insulin tubuh mencegah glukosa memasuki otot dan menyediakan energi. Oleh karena itu, otot dan jaringan lain mengirim pesan lapar, mencoba mendapatkan lebih banyak energi ke dalam tubuh.

4. Sering buang air kecil
Sering ke kamar dari biasanya, terutama pada malam hari salah satu tanda gula darah tinggi. Diabetes menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan gula dari darah. Ketika ginjal tidak dapat mengimbangi, maka akan menumpahkan kelebihan gula ke dalam urine, yang menyebabkan lebih sering buang air kecil.

5. Perubahan kulit
Perubahan kulit memang sulit dapat dijelaskan, tidak boleh diabaikan. Diabetes dapat menyebabkan bercak gelap seperti beludru pada kulit di lipatan leher, ketiak, atau selangkangan. Itu terjadi karena kelebihan insulin dalam darah. (Timred/WTP)


#diabetes
#guladarah
#kesehatan
#kelebihangula
#insulin
#kadarglukosa
Anda sekarang membaca artikel Perhatian! Ini Tanda-Tanda Anda Mengidap Diabetes dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/07/perhatian-ini-tanda-tanda-anda-mengidap.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here