INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Khawatir Anggaran Negara Jebol, Pemerintah Segera Ubah Skema Subsidi

Khawatir Anggaran Negara Jebol, Pemerintah Segera Ubah Skema Subsidi

Uang. Foto: Ilustrasi/ Net

WartaPolitika.Com - Pemerintah berencana mengubah skema pemberian subsidi kepada masyarakat. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, perubahan skema pemberian subsidi itu perlu dilakukan, agar beban masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan energi tidak berat.

Pada sektor energi, pemerintah menyalurkan subsidi, yang nilainya mencapai Rp520 triliun. "Namun jika subsidi terus diberikan akan membuat uang negara jebol. Untuk itu, skema subsidi akan diubah. Tidak lagi ke barang tapi langsung ke orangnya agar tepat sasaran,” ujar Moeldoko dalam keterangan resmi, Selasa (19/7/2022).

Sedangkan dalam menghadapi krisis pangan, mantan Panglima TNI itu mengatakan, pemerintah melakukan peningkatan produktivitas di sektor pertanian untuk menjawab kebutuhan konsumsi pangan dalam negeri, yakni sebesar 2,5 juta ton perbulan. 

"Hasilnya, selama tiga tahun berturut-turut kita sudah tidak lagi impor beras. Bahkan beras kita surplus. Pemerintah juga melakukan diversifikasi pangan, seperti menanam sorgum, sagu, dan jagung. Ini semua untuk menjawab tantangan ancaman krisis pangan dunia,” bebernya.

Ia lantas menambahkan, sesuai hasil survei Bloomberg, yang menyebutkan peluang risiko resesi Indonesia sangat kecil, yakni 3%. "Hasil survei ini menunjukkan, bahwa fundamental ekonomi domestik kita kuat dan memiliki daya tahan di tengah risiko global yang masih eskalatif,” sambungnya.

Selain itu, Moeldoko juga menegaskan, bahwa mengelola negara di lingkungan global tidak mudah karena tantangannya sangat besar. Terlebih, di saat global menghadapi berbagai kejutan-kejutan, seperti pandemi COVID-19 dan perang Ukraina-Rusia.

Sehingga, berdampak pada terputusnya pasokan rantai ekspor impor dan kenaikan harga-harga komoditas. Maka itu, dirinya memiliki 5 solusi, yakni mampu adaptif terhadap perubahan, membangun kecepatan di segala lini, berani mengambil risiko atas kebijakan yang diambil secara konstitusional, siap menghadapi kompleksitas akibat globalisasi, dan siap merespon kejutan-kejutan yang akan terjadi akibat kemajuan teknologi. (timred/WTP)

#moeldoko
#ksp
#kepalastafkepresidenan
#ubahskemasubsidi
#subsidienergi
#krisispangan
#resesi
#kompleksitasglobalisasi
Anda sekarang membaca artikel Khawatir Anggaran Negara Jebol, Pemerintah Segera Ubah Skema Subsidi dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/07/khawatir-anggaran-negara-jebol.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here