INFO Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gejolak Politik di Italia, PM Mario Draghi Mundur

Gejolak Politik di Italia, PM Mario Draghi Mundur

Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi. Foto: net 

WartaPolitika.Com-Gejolak politik terjadi di Italia. Dampaknya, Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Presiden Sergio Mattarella. 

Pengunduran diri itu dilakukan setelah pemerintahannya ambruk di tengah gejolak politik dan pasar keuangan yang melanda Negeri Pizza tersebut.

Dalam pernyataannya, Kamis (21/7/2022), kantor kepresidenan Italia mengatakan kepala negara menerima surat pengunduran diri. Tapi Presiden Mattarella meminta Draghi tetap menjabat sebagai pelaksana tugas hingga terpilihnya perdana menteri yang baru.

Dalam pernyataannya tersebut tidak disebutkan apa langkah Mattarella berikutnya. Pada awal pekan ini seorang sumber mengatakan presiden akan membubarkan parlemen dan menggelar pemilu lebih awal pada bulan Oktober mendatang.

Presiden Mattarella berencana bertemu dengan ketua dua majelis di parlemen untuk membicarakan penggantian perdana menteri yang mengundurkan diri tersebur. 

Koalisi pemerintah Italia ambruk ketika tiga partai utama pendukung PM Draghi menolak mosi tidak percaya yang ia ajukan untuk mengakhiri perpecahan dan memperbaiki aliansi.

Krisis politik stabilitas di Italia yang berlangsung selama berbulan-bulan selama dipimpin PM Draghi yang merupakan mantan bankir membantu Eropa memberikan respon keras pada invasi Rusia ke Ukraina. Ia juga sempat meningkatkan posisi Italia di pasar keuangan dunia.

Untuk diketahui, pada Kamis pagi (21/7/2022) obligasi dan saham Italia dijual dengan harga rendah tidak lama setelah Bank Sentral Eropa menaikan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2011. Ambruknya harga obligasi itu terjadi sesaat sebelum PM Draghi mengundurkan diri. (Timred WPT)


#italia
#pengundurandiri
#pmitalia
#mariodraghi
#krisispolitik
#gejolakpasarkeuangan
#presidenitalia
#sergiomattarella
Anda sekarang membaca artikel Gejolak Politik di Italia, PM Mario Draghi Mundur dengan alamat link https://www.wartapolitika.com/2022/07/gejolak-politik-di-italia-pm-mario.html

0 Comments:

Responsive

Ads

Here